Rabu, 04 Mei 2011

VEKTOR

Dalam Fisika dikenal ada 2 macam besaran, yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah suatu besaran yang hanya mempunyai nilai/besar saja. Contohnya: panjang, massa, waktu, laju dan suhu. Dalam besaran skalar berlaku aljabar bilangan real biasa. Sedangkan yang dimaksud dengan besaran vektor adalah suatu besaran yang mempunyai nilai/besar dan arah. Contohnya: perpindahan, kecepatan, gaya, torsi, kuat medan listrik dan induksi magnetik. Dalam besaran vektor berlaku aljabar vektor.

Di jenjang pendidikan SMK tingkat dua/kelas XI, ada satu standart kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu "Menerapkan Konsep Vektor Dalam Pemecahan Masalah".
Vektor di bidang/R-2 ataupun vektor di ruang/R-3 adalah kombinasi dari suatu panjang yang tidak negatif dan suatu arah. Panjang itu yang selanjutnya kita sebut sebagai panjang/besar/modulus vektor.
Secara geometri, vektor dilukiskan sebagai ruas garis berarah, dengan panjang ruas garis tersebut yang merupakan panjang/besar/modulus vektor.

Sebagai salah satu staf pengajar di SMK, saya berusaha untuk menuliskan sedikit mengenai Vektor. Tulisan ini saya rangkum sebagai bahan ajar yang nantinya akan saya gunakan dalam pembelajaran di kelas. Saya berharap, bahan ajar ini nanti bisa membantu siswa saya dalam belajar dan memahami tentang Vektor, sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung lebih efektif. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semuanya, khususnya untuk anak didik saya.
File dapat diunduh gratis di Vektor.
Selamat belajar semoga sukses.

2 komentar:

  1. Bertukar pikiran....????

    saya mau..!! PIKIRAN SAYA PINDAH KE OTAK IBU...PIKIRAN IBU SAYA MASUKKAN KE FLASH DISK.....HA HAA AHA

    BalasHapus