Senin, 07 Maret 2011

LIMIT FUNGSI

Ada beberapa standart kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa kelas XII pada saat dia menempuh pendidikan di jenjang SMK, salah satunya adalah "Menggunakan Konsep Limit Fungsi Dan Turunan Fungsi Dalam Pemecahan Masalah".
Materi Limit Fungsi ini merupakan prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu Turunan Fungsi dan Integral.

Untuk lebih memahami apa itu limit, berikut ini diberikan ilustrasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seorang pengemudi mengendarai mobil dengan kecepatan cukup tinggi di jalan raya. Pada saat yang bersamaan, muncul serombongan anak yang akan menyeberang jalan itu. Karena terkejut, maka secara spontan pengemudi tersebut mengurangi kecepatan mobilnya dengan cara mengeremnya, sehingga terhindarlah anak-anak tersebut dari kecelakaan. Dari ilustrasi itu, dapatlah kita simpulkan bahwa mobil tersebut mendekati, hampir atau sedikit lagi akan menabrak rombongan anak tersebut.
Dalam Matematika, kata "hampir atau dekat" dapat dianalogikan dengan "limit".

Sebagai salah satu staf pengajar di SMK, saya berusaha untuk menuliskan sedikit mengenai Limit Fungsi. Tulisan ini saya rangkum sebagai bahan ajar yang nantinya akan saya gunakan dalam pembelajaran di kelas. Saya berharap, bahan ajar ini nanti bisa membantu siswa saya dalam belajar dan memahami tentang Limit Fungsi, sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung lebih efektif. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semuanya, khususnya untuk anak didik saya.
File dapat diunduh gratis di Limit Fungsi.
Selamat belajar semoga sukses.

3 komentar: